Monday, February 4, 2008

PMB Tantang Kekuatan PAN Pertahankan Pendukung 2009


Ditulis oleh HARIAN PELITA

[Jakarta, Pelita]DPP Partai Matahari Bangsa (PMB) menantang rivalnya Partai Amanat Nasional (PAN) untuk menunjukkan kekuatan dalam mempertahankan pendukungnya pada Pemilu 2009 mendatang.

PAN harus membuktikan seberapa kuat PAN itu akan mempertahankan suaranya dan bahkan meningkatkan pendukungnya pada 2009 nanti, tandas Ketua Umum DPP PMB Imam Adraqutni kepada wartawan, di Jakarta, Selasa (2/10).

Menurut dia, maju atau mundurnya suara PAN pada Pemilu 2009 mendatang tergantung sejauh mana Ketua Umum PAN Sutrisno Bachir menjalankan kepemimpinannya di partai yang pernah dipimpin mantanh Ketua MPR RI Amien Rais tersebut.
Hingga kini, Imam mengklaim bahwa PMB lahir berdasarkan kesadaran kolektif dan merupakan aspirasi politik warga muhammadiyah yang selama ini tidak terakomodasi dalam di partai politik.

Bahkan pengurus PMB merupakan orang-orang penting yang belum terkontamainasi lalat-lalat politik, katanya.

Sementara Sekjen PMB Achmad Rofiq mengungkapkan sejauh ini kepengurusan PMB telah terbentuk di 33 provinsi dan telah siap sebanyak 65 persen kepengurusan partai di tingkat kabupaten dan kota. Jadi kalau hanya verifikasi kita tidak kesulitan, katanya.Diungkapkannya, PMB dalam kesiapannya bersaing di pemilu 2009 mendatang akan menggunakan strategi jaring laba-laba. Itu yang akan kita lakukan. Jadi biar digoyang dari manapun tidak bisa katanya.

Dalam rangka meraih dukungan suara Pemilu 2009, PMB menyatakan akan menguasai wilayah Yogyakarta sebagai basis massa PBM. Pasalnya, Yogya merupakan wilayah yang erat kaitannya dengan histori Ormas pendukung partai tersebut yakni Muhammadiyah.
Untuk itu, sebagai langkah awal PMB akan melaksanakan Rakernas di daerah tersebut. Rakernas nanti kita mengambil tempat di Yogya dan sekaligus mengepung wilayah itu, tandasnya.Pada persoalan lain, PMB menyikapi masalah kepemimpinan nasional yang akan dilakukan pada Pilpres 2009 mendatang.

Khusus soal Capres, PMB ingin mengakselerasi regenerasi kepemimpinan nasional. Dalam hal ini, PMB mengajak partai-partai kecil untuk bergandengan tangan dalam mencari figur calon kepemimpinan nasional yang lebih muda dan fresh dari kepemimpinan nasional yang ada sebelumnya.

Dalam kaitan itu, terdapat 13 nama yang akan yang diinventarisir PMB sebagai Capim nasional 2009 mendatang. Dari ke-13 nama tersebut terdapat nama Ketua PP Muhammadiyah Din Syamsuddin, Ketua Umum PMB Imam Adraqutni, Sri Sultan Hamengkubuwono, Jefrie Geovani, Hatta Radjasa, dan Sutiyoso.Diantara nama-nama itu, nantinya akan dibahas di dalam Rakernas PMB pada Desember 2007 mendatang untuk kemudian disaring menjadi beberapa nama yang dianggap layak didukung PMB pada Pilpres 2009 nanti.Kita ingin figur yang lebih fresh yang tak terkontaminasi rezim dan kepentingan politik praktis, katanya.(ay)

No comments: